26/02/14

AKU dan PULSA ALL OPERATOR (pengalaman + review)

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, وصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد

Diliat dari judulnya pasti sudah tahu saya akan bahas apa, yah.. pada kesempatan ini saya akan mencoba bercerita sedikit tentang pengalaman saya selama berkiprah di dunia perpulsaan. Heheh

Baiklah, pada awalnya saya memang sudah berencana untuk berjualan pulsa di sekitar tahun 2013, tepatnya yaitu bulan november, namun karena faktor modal saya harus mengurungkan niat tersebut.

Singkat cerita pada bulan januari 2014 tepatnya di pertengahan bulan, keinginan saya untuk berjualan pulsa tercapai, yah. Jadi pada waktu itu saya bertiga dengan teman saya sedang asik berbincang tentang berbagai topik, mulai dari masalah klasik, pertanian, usaha, dll. Ketika itu Saya juga sharing dengan teman-temanku tersebut tentang proyek saya untuk berjualan pulsa hingga kendala modal.

Entah mimpi apa saya semalam sebelumnya, tiba-tiba , mendengar penjelasan saya tentang keinginanan saya tersebut, salah seorang teman menyodorkan selembar uang seratus ribu rupiah kearahku. Dia memberikanku modal awal untuk menjalankan bisnis kecil-kecilanku tersebut. Yah saya terima dan langsung mengatakan untuk mengembalikan modal tersebut seminggu kemudian .

Saya tidak sulit untuk menemukan jasa server penyedia pulsa all operator, karena kebetulan saya juga memiliki seorang kakak yang punya pengalaman dalam bidang ini. Dia merekomendasikan untuk beragabung di Duta pulsa. Yah saya langsung terima, karena pada waktu itu pengetahuan saya juga masih kurang tentang perpulsaan. Saya langsung didaftarkannya sebagai downline (agen yang dibawahi oleh masternya).
 Otomatis kakak saya tersebut adalah master saya, dan pastinya ada perbedaan harga yaitu sekitar Rp 25, namun setelah melakukan deposit awal sebesar 100 ribu, saya memintanya untuk menghilangkan perbedaan harga tersebut, mengingat dia sudah tidak berjualan pulsa lagi.

Awal karirku di dunia perpulsaan pun dimulai, hari-hari kulewati dengan sms transaksi lancar. Walaupun saya tidak memiliki kios ataupun tempat khusus , saya tetap menjalankannya se profesional mungkin.

 Kabar bahwa aku terjun di dunia perpulsaan ini cukup mendapat respon dari teman-teman dan sebagian tetangga rumah. Penyebarannya hanya dari mulut ke mulut, hingga ke grup FB, yah.. aku mendeklarasikan di grup kelasku bahwa aku sekarang memiliki hobi baru.. yah.. menyediakan pulsa bagi yang membutuhkan 24 jam non stop (namun kenyataannya, saya biasa tidur pukul 10, heheh). Pergerakan saya cukup dimudahkan,
 sebab pelanggan saya adalah teman sekelas saya sendiri. Oh,, hampir saya lupa.. saya adalah seorang mahasiswa di salah satu PTN di Makassar. Seorang Maba atau mahasiswa baru angkatan 2013.(pada saat menulis ini saya juga masih bisa disebut maba).

Baiklah, kembali ke Pulsa.

Saya di Duta Pulsa, cukup betah hampir 2 minggu lebih, namun karena alasan harga saya akhirnya mencari server penyedia pulsa all operator lain. Saya baru menyadari bahwa harga adalah masalahnya ketika saya sedang berbincang-bincang dengan teman saya sesama penjual pulsa.

 Dia sangat terkejut, mengetahui mekanisme harga dari server yang saya ikuti itu. Mendengarkan dari pengelamannya akhirnya saya tegerak untuk mencari penyedia yang lain dengan bantuan seperangkat notebook,modem, dan kartu GSM dengan kuota beberapa Gb. Saya berkonsultasi dengan Om Google. Dan ini hasilnya.

Dibawah ini saya akan menceritakan, atau lebih tepatnya meriview beberapa layanan penyedia pulsa electrik all operator, berdasarkan pengalaman dan pandangan pribadi saya sendiri.

Langsung saja..

1. DUTA PULSA (http://DUTA-pulsa.co.id)


Kelebihan :

  • · Pelayanan sangat baik , transaksi cepat, pulsa masuk sekitar 15 detik hingga 1 menit, namun rata-rata memang cepat
  • · Pengambilan deposit dengan sistem tiket, serta tidak perlu lagi dikomfirmasi, dari pukul 07 – 23.00 (lebih lama dibanding semua server yang akan saya jelaskan dibwah)
  • · Fitur sangat lengkap, ada web report sehingga semua transaksi terekam secara akurat
  • · Pendaftaran gratis
  • · Tidak terbatas oleh area nomor hp
  • · Pelayanan 24 jam
  • · Cara transaki sangat teratur dan lengkap
  • · Gangguan provider sangat jarang (bahkan saya belum mengalaminya sejauh ini, selama hampir 3 minggu)

Kekurangan

  • · Harga cukup mahal jika dibandingkan dengan penyedia-penyedia yang akan saya jelaskan dibawah nanti, 
  • Kebanyakan pelanggan saya adalah dari op. Telkomsel , Harga yang ditawarkan server ini untuk AS/Simpati 5rb ialah Rp 5800 (updt 26/02/2014)
Inilah faktor yang memaksa saya untuk mencari server lain yang lebih murah, harga yang saya berikan kepada teman-teman atau lebih tepatnya pelanggan saya ialah Rp 6rb, sehingga jika dihitung, untung saya setiap kali transaksi untuk pulsa AS/Simpti 5rb hanya 200 perak. Serasa jalan di tempat jika saya tetap bertahan di server ini, jadi saya pindah. Sebenarnya ada teman yang merekomendasikan untuk menaikkan harganya mnjdi Rp 7rb , namun itu tidak saya lakukan, takutnya pelanggan saya berpindah ke lain hati.



2. STAR PULSA TRONIK (http://www.starpulsatronik.com/)



Kelebihan :

  • · Harga yang cukup murah, untuk pulsa AS/Simpti 5rb Cuma Rp 5450 (updt 26/02/2014)
  • · Fitur web cukup lengkap
  • · Pendaftraran gratis dan cepat
  • · Pelayanan 24 jam Pengambilan deposit dengan sistem tiket, serta tidak perlu lagi dikomfirmasi, dan masuk otomatis
  • · Tidak terbatas area nomor hp
  • · Ada web report juga
  • · Format transaksi cukup lengkap, bahkan lebih mudah dibanding yang lainnya, karena tidak memerlukan kode voucer.

Kekurangan :

  • · Transaksi yang gangguan, bisanya laporan sukses pengiriman sudah masuk dan pulsa sudah terpotong, namun nyatanya pulsa belum masuk di hp pelanggan, sehingga mengharuskan untuk komplain transaksi, dan bisanya saldo akan di refund/dikembalikan.
  • · Transaksi tidak begitu cepat, paling cepat mungkin 1 menit, dan kebanyakan lambat.
  • · Rentang waktu pengambilan deposit hanya dari pukul 07- 20.00
  • · Web reportnya tidak pernah berhasil saya masuki, terkendala di ” Masukan Key Web (huruf besar)” 


3. JTRONIK PULSA (http://jtronik.com/)

Kelebihan :

  • · Harga yang cukup murah, untuk pulsa AS/Simpti 5rb Cuma Rp 5400 (updt 26/02/2014)
  • · Fitur web cukup lengkap
  • · Pendaftraran gratis dan cepat
  • · Pelayanan 24 jam
  • · Pengambilan deposit tanpa sistem tiket, ini memudahkan untuk yang ingin transfer langsung, tidak dengan ATM, karena nominalnya pas . tidak ada embel-embel dibelakang.

Kekurangan :

  • · Karena tanpa sistem tiket, pengambilan deposit harus dikomfirmasi lagi ke CS nya, dan ini mengambil waktu minimal 30 menit berdasar pengalaman saya, dan biasanya membuat deg degan, harap-harap cemas apakah depositnya masuk atau tidak, namun sejauh ini deposit saya selalu masuk, alhamdulillah.
  • · Ada web report namun tidak bekerja, atau mungkin saya yang tidak pernah berhasil masuk.
  • · Terkadang ada nomor tertentu (Telkomsel biasanya) yang tidak dapat diproses atau gagal,akibat dari nomor yang di luar area. (menurt saya, pada waktu itu mungkin nomor pelanggan saya bukan area makassar, sebab saya berada di area makssar.)ini salah satu kekurangan yang paling berpengaruh ke saya.
  • · Format transaksi kurang lengkap, misalnya pengisian pulsa dengan nomor dan nominal yang sama lebih dari sekali dalam sehari , TIDAK ADA. Jadi saya biasanya hanya melakukan sekali.(silahkan cek)
  • · Tidak bekerja untuk Pulsa TRI, entah kenapa, di webnya juga kurang begitu lengkap kode voucernya, jadi saya biasanya Cuma mengisi pulsa AS/simpati.
  • · Pengambilan deposit untuk cash Pukul 09.00 s/d 17.00 WIB, dan Transfer Pukul 08.00 s/d 20.00 WIB , sangat terbatas dibanding dengan yang diatas
  • · Transaksi kurang stabil kadang cepat yaitu dalam hitungan hampir 1 menit, dan yang sangat lambat hingga bermenit-menit bahkan pernah lewat 30 menit
Alasan saya meninggalkan JTRONIK ini ialah, karena trnsaksi kurang stabil sehingga tidak jarang ada teman yang komplain akibat lamanya pelayanan, juga alasan harga, menrt saya masih ad yang lebih murah dari ini serta tidak semua nomor hp teman/pelanggan saya yang bisa di isi.



4. DISTRIBUTOR PULSA (http://dealermkios.reloadpulsaalloperator.com/)


Kelebihan :

  • · Harga yang termurah dari semua yang ada di atas, yaitu untuk pulsa AS/Simpti 5rb sehrga Rp 5325 (updt 26/02/2014)
  • · Kelengkapan fitur web
  • · Pengambilan deposit dengan sistem tiket, tanpa konfirmasi, dan masuk hanya hitungan menit , biasanya 1-5 menit
  • · Kecepatan dalam transaksi, pengisian pulsa biasanya masuk dalam hitungan detik, biasa 15 detik, dan biasa pula 1 menit, namun kebanyakan transaksi yang pernah saya lakukan cukup cepat. 
  • · Tidak terbatas oleh area nomor hp
  • · Pendaftaran gratis
  • · Pelayanan 24 jam
  • · Format transaksi cukup lengkap

Kekurangan :
  • · Saat tengah malam sampai subuh (pukul 23 - 06) biasanya kurang stabil untuk produk TELKOMSELnya jadi transaksi selalu gagal, sehingga harus menggunakan kode alternatif, yang harganya sudah jauh berbeda, yaitu untuk AS/Smpti 5rb sebesar Rp 5700.
  • · Gangguan transaksi, misalnya laporan transaksi sudah diterima dan saldo sudah terpotong namun pelanggan belum menerima pulsanya. Akibat dari ini ,saya sudah merugi 20.000 . solusinya : melakukan komplain agar transaksi di cek ulang, biasanya saldo anda akan di refund/dikembalikan,
  • Solusi kedua agar pelanggan anda tetap menerima pulsa yang ia minta, lakukan transaksi dgn kode yaitu *trsnsaksi lbih dari 1x dalam 1 hari , jadi nantinya anda akan menambahkan kode “2” setelah kode voucer, bisanya pulsa pelanggan akan masuk.
Saya sendiri dalam mengatasi ini biasanya selalu melakukan kode transaksi langsung dengan kode nomor 2. Misalnya saya ingin mengisikan pulsa AS 5rb, yang umumnya kode yang diunakan yaitu

S5.nomor hp.PIN

Saya langsung ubah menjadi

S5.2.nomor hp.PIN (meskipun ini masih transaksi yang pertama kali,dan cara ini selalu berhasil untuk menghindari masalah diatas).

Jadi sampai saat tulisan ini saya post, saya hanya bertahan di server ini saja, dan meninggalkan yang lainnya. Mungkin jika ad yang lebih baik lagi saya akan berpindah.



Itulah tadi sedikit pendapat dari saya secara pribadi berdasarkan pengalaman pribadi, namun pasti masih ada yang belum saya jangkau dari semua yang ada di atas dari segi kelebihan dan kekurangannya. Mungkin anda bisa mencarinya. Karena saya juga belum genap 2 bulan di dunia perpulsaan ketika memostong tulisan ini. Kurang lebihnya mohon dimaafkan, semoga bermanfaat bagi diri pribadi dan orang lain.

Ketika dilandasi dengan niat yang ikhlas, maka yakinlah hasilnya akan baik.